Cara Melakukan Reffil / Isi Ulang Tinta Printer Canon Pixma

Cara Melakukan Reffil / Isi Ulang Tinta Printer Canon Pixma

Melakukan Reffil/Isi Ulang Tinta Canon merupakan hal yang wajib untuk di ketahui oleh kalian semua , tapi sebelum kita membahas tentang cara refil tinta kita ketahui  dulu tentang Printer Canon Pixma ini , Printer Canon Pixma Merupakan salah satu printer kelas dunia yang menggunakan sistemn inkjet di kelas entry level yang penggunanya juga sudah banyak sekali di tanah air ini . bukan hanya karena harganya yang terjangkau tetapi fungsi dan modelnya yang bermacam-macam menjadi daya tarik tersendiri pada printer jenis canon pixma ini .

Pengetahuan untuk mengisi tinta printer ini sangat perlu kalian pelajari karena selain untuk menghemat pengeluaran jika di bawa ke service printer , kalian juga lebih menghemat daripada membeli / mengganti catridge baru setiap isi tinta nya habis . untuk mempermudah pemahaman kali ini tips dari printer-hero contoh kan adalah cara refill atau mengisi ulang tinta  pada catridge bawaan printer canon IP2770 , 

Cara refill tinta printer Canon iP2770 :

Pastikan kalian sudah mengetahui cara yang benar untuk Melepas Catridge dari Printer kalian ( bisa kalian lihat pada buku petunjuk di kardus printer / CD penjelasan pengguna'an printer )
Untuk Melakukan Refill atau isi Ulang kalian harus membeli Tinta Yang cocok dan satu merek dengan yang di gunakan pada standart printer
Buka Stiker yang terdapat pada bagian atas Catridge , Di balik stiker tersebut ada 3 Lubang ( Untuk Catridge Warna ) dan 1 Lubang ( pada catridge Hitam ) .
Coba Isikan Tinta menggunakan Jarum melewati 3 Lubang ( Atas Merah , Kuning Kanan , Kiri Biru atau lihat pada gambar catridge lubang di bawah ) Tersebut , jika bisa kalian lakukan maka kalian tidak harus memperbesar lubang untuk mengisi tinta , tapi jika tidak bisa kalian haru melakukan pembesaran lubang pada catridge tadi .
Perbesar ukuran lubang pada catridge tadi Dengan Bor Kecil Jika kalian tidak memilki Bor Kecil kalian dapat menggunakan Solder , atau Obeng bor Khusus untuk melubangi Catridge .

Bersihkan Bagian Atas Catridge , jangan Sampai ada Debu ataupun kotoran yang menimbun sebelum kita memperbesar bagian lubang catridge tersebut .
Siapkan Tisu , Sarung Tangan , Dan Suntikan ( Gunakan Bawaan Printer kalau Ada ) untuk mempersiapkan Refill tinta .
Buat Lubang Pada Catridge di bagian yang terdapat lubang kecil dengan Perlahan dan jangan Terlalu Dalam , dan pastikan / kotoran bekas bor tadi jatuh keluar ( jangan masuk kedalam catridge ) , lebih disarankan untuk membuat lubang dengan bor kecil agar lebih mudah
Membuat lubangnya jangan terlalu besar , Yang terpenting agar jarum Suntik untuk injection dapat masuk itu sudah cukup
Ketika Lubang Sudah selesai terbentuk ,  mulai injectkan atau sunttikan tinta ke lubang tersebut , dan di sarankan untuk tidak memegang/menyentuh bagian connector catridge (chip) , dan bagian Head (tempat tinta keluar) , ketika me- masukan jarum inject jangan terlalu dalam ,
Ketika Mengisi Tinta Jangan Terlalu Banyak , Kurang Lebih 1 s/d 3 mili saja , jika terlalu banyak nanti catridge akan banjir dan bocor di bagian Head nya .
Jika sudah kalian melakukan Refill tinta Printer melalui catridge tadi Dan menurut kalian sudah cukup , Tutup Kembali lubang pada catridge menggunakan Stiker tadi , jika rekat nya sudah hilang dapat kalian tambahkan isolasi pada bagian atas stiker untuk menutup lubang tadi , agar debu dan kootran tidak masuk .
Pasang Kembali Catridge Pada Printer dengan perlahan dan hati - hati .

Load disqus comments

0 komentar